Inspirasi minggu ini:

Cause all of the stars are fading away , just try not to worry you'll see them someday, take what you need and be on your way

Waktu bagaikan sebuah pedang, manfaatkan sebaik baiknya..

Selasa, 08 Februari 2011

Tugas Pemrograman sistem 1

STORAGE UNIT


KATAGORI : MODEL MESIN

Model mesin berguna untuk menggambarkan ciri hardwarenya. Model Mesin terdiri dari tiga komponen utama , yaitu :

- I/O ( Input Output )
- CPU ( Central Processing Unit )
- Storage Unit ( Unit Penyimpanan )

Pada kesempatan ini saya akan sedikit mengulas mengenai STORAGE UNIT . STORAGE UNIT ( Unit Penyimpanan ) atau biasa disebut dengan memori merupakan bagian dari suatu sistem komputer yang berguna untuk menyimpan data – data dan informasi dari suatu objek yang ada di dalam suatu sistem. Storage unit biasanya terdiri dari sekumpulan register – register yang masing – masing memiliki alamat yang unik ( Berbeda antara satu dengan yang lainnya ) . Storage unit juga tersusun atas Storage Address Register ( SAR ) dan Storage Data Register ( SDR ) . Storage Address Register merupakan suatu media penyimpanan yang secara khusus berfungsi untuk menyimpan alamat alamat dari suatu register , sedangkan Storage Data Register merupakan suatu media penyimpanan yang di khususkan untuk menyimpan Data – data dari suatu register . Dalam suatu keterhubungan antara Storage Unit dengan I/O ataupun dengan CPU , storage unit menggunakan jalur data sebagai alat komunikasinya . Dalam peng-aplikasiannya Storage unit ( Memori ) dapat di kelompokan menjadi Main Memory ( Memori Utama ) dan Secondary Memori ( Memori tambahan ) . Main memory adalah Unit penyimpanan utama data dan informasi yang berkaitan langsung dengan sistem , seperti RAM dan ROM . Sedangkan Secondary memori merupakan unit penyimpanan tambahan data dan informasi yang mendukung suatu sistem , seperti Hard Drive , Floppy Disc , dan Flash disc .

Berikut ini adalah tipe memori dan penjelasannya :
1. RAM ( Random Access Memory )
Istilah dari RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan fungsi tersebut maka Anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM.

2. ROM ( Read Only Memory)
ROM merupakan jenis memory yang hanya dapat membaca data saja.

3. PROM (programmable read-only memory)
PROM adalah chip memori yang dapat diprogram. Tetapi sekali PROM digunakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya.

4. EPROM (erasable programmable read-only memory)
EPROM adalah jenis dari memori PROM, dimana EPROM ini dapat diprogram dan dihapus dengan menggunakan cahaya ultraviolet.

5. EEPROM (electrically erasable programmable read-only memory)
Seperti EPROM , EEPROM juga merupakan jenis dari PROM, namun EEPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan tegangan listrik ( electrical ).

13 komentar:

  1. mau tanya nih
    kalau misalkan kita nggak pake RAM sama sekali
    itu komputer bisa jalan nggak?
    fungsi RAM itu apa sih??

    BalasHapus
  2. Thx bwat commentnya...
    Menurut saya jika komputer sama sekali tidak menggunakan RAM , komputer tidak bisa dihidupkan , karena pada RAM itu merupakan tempat pengaksessan sekaligus penyimpanan data - data dan informasi sementara yang berhubungan langsung dengan sistem.

    BalasHapus
  3. kan kl ram sudah jelas tuh dalam bentuk nyata,nah kl rom,eprom,prom dll itu bentuknya nyta atau virtual?
    mampir k blog ane gan
    http://rizqialextoramadhan.wordpress.com/2011/02/07/storage-manager-pada-perangkat-lunak-sistem-operasi-operating-system-software/

    BalasHapus
  4. penambahan untuk pertanyaan diatas, penggunaan RAM seperti PROM, EPROM dan EEPROM itu contohnya seperti apa y?

    BalasHapus
  5. nice post :D
    sebelumny mau tanya nih,pada teknologi handphone pake model mesin STORAGE UNIT juga ga sih?

    vitis my site juga yah :p

    http://viallyhardi.wordpress.com/

    BalasHapus
  6. oy san,,,,bentuk storage unit itu kaya gimana sih,,,,apakah dia berbentuk sejenis komponen, atau program ataupun berbentuk yg lain,,, dan klo seandainya kapasitas memorynya lebih besar, proses kerjanya kaya gmana, begitujuga kalau seandainya sedikit,,,terima kasih

    BalasHapus
  7. dalam suatu keterhubungan antara Storage Unit dengan I/O ataupun dengan CPU , storage unit menggunakan jalur data sebagai alat komunikasinya..jalur data ini seperti apa proses nya..terim kasih..

    BalasHapus
  8. Ass.mau tanya setiap pembahasan selalu ada yang namanya register, buat apa register itu sendiri?
    dan kegunaan RAM dan ROM tersebut itu apa ya?

    BalasHapus
  9. @ Rizky Ramadhan :
    Bentuk Rom berupa suatu chip semikonduktor yang isinya telah di patenkan oleh suatu Vendor produksi.

    BalasHapus
  10. @ Vially :
    Storage unit juga dapat di temukan dalam teknologi Handphone , seperti penggunaan Smart card yang terdapat di dalam Handphone.

    BalasHapus
  11. apakah.. dalam komputer harus ada smua memori (RAM,ROM,eprom,EEprOm dll) jelasn dnkk?? :p

    BalasHapus
  12. @Mangantar Blog's :
    Menurut saya Storage itu berupa suatu perangkat keras yang di dalamnya terdapat komponen - komponen yang saling terintegrasi. Untuk Mengatur Storage itu diperlukan suatu perangkat lunak , yang dikenal dengan nama Storage Manager.
    Dalam segi kapasitas pada storage jika memiliki kapasitas yang lebih besar kerja storage akan semakin melambat karena dengan besarnya kapasitas storage akan makin besar juga data yang dapat di simpan.

    BalasHapus
  13. @Aditya Nugroho :
    Menurut saya adanya RAM dan ROM dalam suatu sistem komputer itu sangat penting , karena dengan adanya RAM seluruh instruksi dan data - data yang diperlukan dan berkaitan dengan sistem dapat disimpan ,Dan dengan adanya ROM , jika ada suatu sistem yang rusak sistem tersebut dapat di setting kembali ke mode awal ( default ) seperti sistem yang telah di isikan oleh vendornya.

    #Kurang lebihnya saya mohon maaf

    BalasHapus