Inspirasi minggu ini:

Cause all of the stars are fading away , just try not to worry you'll see them someday, take what you need and be on your way

Waktu bagaikan sebuah pedang, manfaatkan sebaik baiknya..

Selasa, 29 Maret 2011

Tugas Minggu Pertama Session 2

Metode Ilmiah
Secara Umum Metode Ilmiah atau proses Ilmiah adalah merupakan suatu proses keilmuan yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis yang logis. Menurut Almadk (1939) Metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan , dan penjelasan akan kebenaran . sedangkan menurut Ostle metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.

Metode Ilmiah memiliki berbagai macam karakteristik , diantaranya sebagai berikut :
Berdasarkan Fakta
keterangan - keterangan yang ingin diperoleh dalam penelitian baik yang akan dikumpulkan dan yang dianalisa haruslah berdasarkan fakta - fakta yang nyata.

Bebas dari prasangka
Metode ilmiah harus bebas dati prasangka bersih dan jauh dari pertimbangan subjektif . Menggunakan suatu fakta haruslah dengan alsan dan bukti yang lengkap dan dengan pembuktian yang objektif.

Menggunakan prinsip - prinsip analisa
Dalam memahami dan memberi arti terhadap fenomena yang kompleks , harus digunakan prinsip analisa , semua masalah harus di cari sebab musababnya serta solusinya dengan menggunakan analisa yang logis.

Menggunakan hipotesa ( dugaan awal)
Dalam metode ilmiah seorang peneliti harus dituntun dalam proses berfikir dengan menggunakan analisa. Hipotesis harus ada untuk mengonggokkan persoalan serta memandu jalan pikiran ke arah tujuan yang ingin dicapai.

Objektif
Penelitian dan analisa harus harus dinyatakan dengan ukuran yang objektif. ukuran tidak boleh dengan merasa - rasa atau dengan hati nurani. pertimbangan - pertimbangan harus dibuat secara objektif.

Menggunakna teknik kuantifikasi
Dalam memperlakukan data ukuran kuantitatif yang lazim harus digunakan , kecuali untuk atribut - atribut yang tidak dapat dikuantifikasikan ukurannya seperti ton , mm , ohm , per detik , kilogram dan lain lain.

Langkah - Langkah membuat metode ilmiah :
1. Pemilihan topik , bidang atau judl penelitian
2. Mengadakan survei Lapangan
3. Membangun sebuah bibliografi
4. Memfomulasikan dan mendefinisikan masalah
5. Membeda - bedakan dan membuat outline dari unsur - unsur permasalahan
6. Mengklasifikasikan unsur - unsur masalah
7. Menentukan data atau bukti yang dikehendaki
8. Melakukan pengujian
9. Mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan
10. Mengatur data secara sistematis untuk dianalisa
11. Menggunakan citrasi , footnote , dan referensi
12. Menulis Laporan Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar