Inspirasi minggu ini:

Cause all of the stars are fading away , just try not to worry you'll see them someday, take what you need and be on your way

Waktu bagaikan sebuah pedang, manfaatkan sebaik baiknya..

Rabu, 17 Februari 2010

Tugas Interaksi Manusia& Komputer 3

Definisi Prinsip Usability

Prinsip usability (Prinsip kegunaan) adalah kemampuan suatu sistem/perangkat lunak untuk di pahami , dipelajari , dan digunakan oleh pengguna. Ketika seseorang menggunakan suatu sistem / perangkat lunak, secara tidak sadar dia juga memulai proses belajar dengan mengingat langkah-langkah pekerjaan yang dia lakukan.

Yang Termasuk Prinsip Usability :

• Human Ability • Problem Solving

• Human Capabilities

• Memori

• Proses

• Observations

Sekilas Mengenai Interaksi Manusia & Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER ( I M K )
Sekilas mengenai Pelajaran interaksi manusia dan komputer
Pelajaran interaksi manusia dan komputer merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara manusia untuk dapat berinteraksi , berkomunikasi , sehingga dapat menggunakan komputer atau system dengan lebih mudah.
Berikut ini merupakan bagian terpenting yang ada di Sistim Komputer :
1. Brainware ( User / Pengguna)
Adalah Orang/kelompok/instansi yang menggunakan komputer.
2. Hardware (Perangkat Keras)
Yaitu kumpulan dari perangkat – perangkat keras berupa komponen – komponen elektronik yang diperlukan untuk menyusun suatu komputer.
Contoh : CPU , Monitor , Printer , Speaker , motherboard.
3. Software (Perangkat Lunak)
Yaitu Media yang digunakan untuk dapat menjalankan , mengatur dan mempermudah penggunaan komputer.
Software di kelompokkan menjadi beberapa macam , diantaranya sebagai berikut :
a) Operating System ( Sistem Operasi )
yaitu Seperangkat program yang memantau dan mengatur pemakaian sumber daya komputer.
Contoh Sistem Operasi : Microsoft XP , Linux , Mac OS , Unix , DOS.
b) Applikasi
Yaitu Program - Program tambahan/dukungan yang digunakan untuk dapat mempermudah dalam penggunaan komputer.
Contoh : MS. Word , MS. Excel , Winamp .

Prinsip Kerja Komputer :

INPUT >> PROSES >> OUTPUT

Input / masukkan dapat berasal dari :
- Mouse
- Keyboard
- Scanner

Output/Keluaran dapat berasal dari :
- Monitor
- Speaker
- Printer

Minggu, 14 Februari 2010

Tugas Interaksi Manusia& Komputer 2

ANALISIS TUGAS

Pengertian Analisis Tugas secara Umum:

Yaitu proses/ tahapan dalam mengamati/menganalisis bagaimana manusia melakukan kegiatan – kegiatan yang tengah atau akan dilakukan baik ditinjau berdasarkan peralatan yang digunakan, waktu pelaksanaan , ataupun cara bagaimana manusia melakukan hal tersebut. Dibawah ini adalah Gambaran Kerangka umum interaksi :

Pengertian Analisis Tugas dalam User interface:

Yaitu Mengamati hal – hal yang dilakukan, bagaimana cara manusia melakukan suatu interaksi (komunikasi) dengan suatu system (komputer) dengan melalui suatu interaksi.

Contoh :

Bagaimana cara membuat the manis :

Langkah pertama :

Masak air hangat dalam ketel

Siapkan teh , gula , sendok dan cangkir

Masukkan gula dan teh ke dalam cangkir , lalu seduh dengan air hangat

Teh siap untuk di sajikan

Tugas Interaksi Manusia& Komputer 1

Sinopsis Film I - Robot



Sutradara :

Alex Proyas


Produser :

John Davis

Topher Dow
Wyck Godfrey
Laurence Mark

Penulis :

Isaac Asimov

Jeff Vintar
Akiva Goldsman
Hillary Seitz (uncredited)

Pemeran :

Will Smith

Bridget Moynahan

Bruce Greenwood

James Cromwell

Chi McBride


Tahun Rilis : 2004


Sekilas Mengenai Film ini :

Film ini Menceritakan keadaan yang terjadi di kota Chicago pada tahun 2035, dimana Teknologi – teknologi sudah dapat berkembang dengan pesat dan robot – robot pun dapat dengan mudah dijumpai dan digunakan sebagai pelayan manusia. Dengan keadaan seperti ini semua orang pun menjadi merasa lebih terbantu dengan keberadaan teknologi dan robot – robot itu , namun tidak terkecuali bagi Del Spooner (Smith) . Ia adalah salah seorang detektif polisi Chicago yang tidak menyukai kemajuan pesat mengenai teknologi, termasuk dengan robot. Hal ini bermula ketika robot menyelamatkan Spooner dari kecelakaan mobil di mana seorang gadis di mobil lain tenggelam namun seorang robot malah menyelamatkan dia dan bukan gadis yang tengah tenggelam di mobil itu, Robot itu menyelamatkannya karena sudah dihitung bahwa ia memiliki probabilitas terbaik untuk bertahan hidup. Sebelumnya Spooner dikirim untuk menyelidiki kasus bunuh diri yang di lakukan oleh seorang pencipta robot( Dr.Lennin).
Spooner mencurigai bahwa Dr.Lennin dibunuh oleh robot sunny dan, dengan bantuan USR robopsychologist Susan Calvin (Moynahan) , Spooner mencari jawaban atas kasus ini. Kisah Selanjutnya yang menarik di dalam Film ini adalah adanya pemberontakan dari para robot canggih sehingga menyebabkan terjadinya pertempuran hebat antara Manusia & Robot .



Komentar saya mengenai Film ini:

Secara Keseluruhan I-Robot merupakan Film dunia masa depan , dimana para Cyborg di fungsikan sebagaimana manusia tetapi diposisikan sebagai budak manusia dan dibuat peraturan dilarang membunuh manusia.

Film ini sangat syarat dengan adanya kemajuan teknologi khususnya dibidang Robotika yang seakan – akan meng-ilustrasikan kepada kita bahwa keadaan ini dapat saja terjadi dimasa yang akan datang , walaupun teknologi canggih dapat membantu mempermudah pekerjaan kita , namun hal tersebut jangan sampai menjadikan manusia sebagai manusia manusia yang pemalas dan ketergantungan terhadap teknologi. Film ini juga telah banyak menggunakan effect – effect computer yang terbilang cukup canggih hingga mampu memberikan gambaran secara nyata yang mampu membuat berimajinasi dalam keadaan seperti itu.

Hubungan dengan mata kuliah IMK ( Interaksi Manusia dan komputer ) terlihat sangat jelas dalam film ini ketika manusia dapat memberi perintah kepada robot - robot ciptaan mereka yang pada dasarnya otak obot tersebut terbuat dari komputer..